Fransiskus Mandagi Tekankan 10 Program Pokok PKK dalam Pelatihan P3PD Kemendagri di Manado

Para peserta pelatihan P3PD Kemendagri RI terus disuguhi materi serta bekal dari para pelatih. Pantauan tribunmanado.co.id di salah satu kelas, para peserta terlihat sedang duduk berkelompok sambil membahas rencana program yang akan mereka kerjakan di desa.

Di kelas C, Fransiskus Mandagi dan Ellen Jacob selaku pelatih membeberkan tema mengenai tematik penguatan PKK dengan materi 10 program pokok PKK.

Mereka menjelaskan bahwa peran PKK adalah sebagai lembaga kerja pemerintah desa. “PKK diharapkan bisa menjadi penyumbang masukan atau program yang akan dijalankan di desa,” ucap Ellen Jacob kepada Tribunmanado.co.id, Kamis (2/11/2023).

Selanjutnya, Fransiskus Mandagi menegaskan bahwa pengurus PKK harus mengetahui fungsi dan peran mereka di desa tersebut.

“Sepuluh program pokok yang bisa dijalankan dan kalau dijabarkan sangat banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, sehingga anggaran yang tersedia bisa dimanfaatkan secara maksimal,” katanya.

“Apa lagi ada program untuk menanam beberapa tanaman hidup di pekarangan rumah supaya bisa dimanfaatkan,” sambung Fransiskus Mandagi.

Dia berharap para peserta bisa memfokuskan 10 program pokok PKK untuk menyejahterakan masyarakat desa.

“Semoga lewat pelatihan ini bapak ibu bisa berinovasi dan mengembangkan serta melaksanakan 10 program pokok PKK dengan baik dan para kepala desa bisa mengupayakan serta mendorong pengurus PKK untuk berani berinovasi untuk kemajuan desa,” tutupnya.

Pelatihan P3PD di Sulut, Grace Sangian Tekankan Aparatur Desa Manfaatkan BUMDes dengan Bijak

Pelatihan P3PD dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI Gelombang 13 masuk hari kedua. Para peserta di setiap kelas terus menerima materi dan pelatihan dari narasumber dan pelatih dihari ini.

Salah satunya di kelas I, Grace Sangian selaku Pelatih Pelatihan P3PD membawakan tema besar tematik Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dengan materi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Recent Posts

Related Popular Posts