Pelatihan P3PD di Sulut, Grace Sangian Tekankan Aparatur Desa Manfaatkan BUMDes dengan Bijak

Pelatihan P3PD dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI Gelombang 13 masuk hari kedua.

Para peserta di setiap kelas terus menerima materi dan pelatihan dari narasumber dan pelatih dihari ini.

Salah satunya di kelas I, Grace Sangian selaku Pelatih Pelatihan P3PD membawakan tema besar tematik Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dengan materi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Dia menjelaskan, para aparatur desa harus mampu mengelolah serta memanfaatkan BUMDes dengan bijak.

“Harus menonjolkan potensi yang ada untuk dikembangkan karena bisa mendongrak perekonomian desa,” jelasnya saat membawakan materi, Kamis (2/11/2023).

dia menegaskan bahwa LKD harus mengambil peran penting untuk pengembangan BUMDes. “Bapak ibu harus membantu dalam pemasaran karena itu juga sangat penting untuk mengembangkan usaha di desa.

Selain itu harus membantu pemupukan modal usaha serta pengembangan unit usaha,” lanjutnya. Selain itu juga, Grace menerangkan bahwa LKD harus lakukan pendataan kepada masyarakat yang akan mendapatkan modal.

“Harus ada pendataan keluarga miskin yang akan mendapatkan suntikan modal dari BUMDes,” ucapnya lagi.

Dia berharap para aparatur desa mampu untuk menggali potensi serta bisa memanfaatkan setiap sumber daya desa untuk menjadikan desa mereka semakin maju.

“Kita harus berpihak kepada kepentingan masyarakat, manfaatkan potensi yang ada, pertanian, sawah, hasil laut dan sebagainya,” tutupnya.

Recent Posts

Related Popular Posts