Rakornas TP PKK 2023, Tri Tito Karnavian Ungkap Kiprah Gerakan PKK Setengah Abad Lebih

Jakarta (12/9/2023)

Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian mengatakan, Gerakan PKK sudah berkiprah di seluruh pelosok nusantara lebih dari setengah abad. Kiprah tersebut merupakan bukti bahwa kehadirannya memang diperlukan oleh masyarakat. “Kenyataan ini sekaligus menegaskan bahwa Gerakan PKK sebagai bagian dari elemen bangsa, dan sekaligus mitra pemerintah dalam mendukung pelaksanaan pembangunan bangsa, memiliki potensi dan posisi strategis, untuk berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat khususnya keluarga,” ungkap Tri dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PKK Tahun 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Lebih lanjut Tri menambahkan, atas kontribusi bagi bangsa dan negara itulah, sehingga sangat wajar Gerakan PKK perlu didukung dan difasilitasi oleh pemerintah maupun para pemangku kepentingan lainnya. “Selaku Ketua Umum Tim Penggerak PKK, saya senantiasa memberikan dorongan, motivasi, dan semangat untuk pengembangan program-program Tim Penggerak PKK,” imbuhnya. Tri menekankan, salah satu bukti keseriusan TP PKK dalam mendukung program pemerintah yaitu dengan menggelar Rakornas. Dia berharap forum tersebut dapat dimanfaatkan untuk membahas berbagai hal, terutama dalam mengakselerasi program-program PKK agar sejalan dengan kebijakan pemerintah.

“Ini menjadi momentum revitalisasi Gerakan PKK secara nasional,” tandas Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian. Selain itu, Rakornas ini bertujuan agar tersosialisasikannya kebijakan kelembagaan dan program kerja PKK hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX PKK Tahun 2021 secara operasional kepada daerah. Tak hanya itu, kegiatan ini untuk mengintegrasikan perencanaan dan pelaksanaan sepuluh program Pokok PKK, serta terwujudnya hubungan yang harmonis antara TP PKK Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.

Rakornas tersebut turut dihadiri oleh jajaran TP PKK Pusat, Ketua TP PKK Provinsi, Ketua TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kota se-Indonesia, Kepala Bappeda Provinsi, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi se-Indonesia. Sebagai informasi, Rakornas TP PKK Tahun 2023 bakal berlangsung hingga Selasa, 12 September 2023. Pada Senin, 11 September 2023, Rakornas diikuti oleh seluruh peserta dengan dua sesi kegiatan. Pertama, pemaparan berbagai kebijakan program dari sejumlah menteri dan pimpinan lembaga/badan mitra kerja TP PKK. Kedua, perumusan dan rekomendasi hasil Rakornas TP PKK Tahun 2023.

Kemudian, pada Selasa, 12 September 2023, peserta dikhususkan hanya bagi para pendamping TP PKK Provinsi (Sekretaris serta Bidang/Pokja I, II, III, dan IV) untuk membahas dan menyepakati berbagai hal mengenai fungsi dan program masing-masing Pokja maupun Sekretariat. Kegiatan hari kedua tersebut berlangsung di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri.

Recent Posts

Related Popular Posts